Written By Unknown on Thursday, March 27, 2014 | Thursday, March 27, 2014

cara mempercepat kinerja komputer/laptop yang lemot | Ulama Komputer - Masalah kinerja Komputer ataupun laptop yang lambat/lelet sudah sangat sering terjadi dan sangat membuat jengkel para penggunanya. komputer/laptop yang mempunyai kinerja lambat akan menghambat ataupun membuat kerja para penggunanya menjadi lambat juga. Dan hal itu sangat tidak diinginkan oleh semua pengguna komputer.  Oleh karena itu, kali ini ulama komputer akan memberikan beberapa tips untuk lebih mempercepat kinerja komputer/laptop yang bisa sobat coba. Untuk itu mari kita simak beberapa penyebab komputer lambat serta bagaimana cara mengatasinya :
penyebab komputer/laptop lemot

1. Komputer lambat karena RAM yang kecil
Masalah komputer lambat karena minimnya RAM (Random Access Memory) yang terpasang merupakan hal yang umumnya sudah diketahui oleh semua pengguna komputer.
Untuk itu cobalah cek kapasitas memory yang terpasang, untuk komputer sekelas Intel Pentium 4 dengan OS Windows XP dan aplikasi standar sebaiknya upgrade-lah memory menjadi minimal 1 GB.

2. Komputer lambat karena Temporary File yang sudah membengkak
Penyebab komputer lambat yang ke lima adalah sudah membengkaknya file-file temporary (sementara). Ketika kita mengakses Internet melalui komputer kita, maka komputer akan menyimpan beberapa data ke dalam folder temp. Dan ketika folder ini sudah sangat besar, bisa jadi ini akan memperlambat kinerja komputer anda.Untuk Windows Xp lokasi file tersebut ada di:"C:\Documents and Settings\nama_user\Local Settings\Temp" dan"C:\WINDOWS\Temp".

Untuk membersihkannya, delete-lah file-file yang terdapat di kedua lokasi tersebut atau jalankan program Disk CleanUp dengan cara tekan Windows + R , kemudian ketik: "cleanmgr" lalu pilih drive yang akan di-cleanup. Atau bisa dengan menggunakan software 'Ccleaner' . silahkan download melalui link berikut :
http://www.piriform.com/ccleaner/download/standard (copy link ke address bar)

adapun cara penggunaanya sangat mudah, yaitu install "ccleaner" yang sudah sobat download, buka aplikasi ccleaner, lalu klik "analyze", tunggu sampai proses selesai. Setelah itu, untuk membersihkan file temp, klik tombol "run cleaner".

3. Terlalu banyak program yang terinstall
  Terkadang kita kurang memperhatikan poin ini, kita sering menginstall software-software yang sekiranya tidak terlalu penting bagi pekerjaan kita. Apalagi yang terbiasa menginstall software dengan asal klik NEXT. Akibatnya, komputer akan menjalankan banyak sekali program pada saat komputer pertama kali dihidupkan. Jelas ini sangat membebani komputer.

Cara mengatasinya sangat mudah, anda bisa uninstall aplikasi yang tidak terlalu penting pada control panel atau mendisable aplikasi tersebut agar tidak berjalan ketika komputer dihidupkan, caranya buka software Ccleaner => pilih tab tool => startup => disable aplikasi yang tidak terlalu penting. Atau anda juga bisa menguninstall program-program tidak jelas yang ada pada komputer anda melalui control panel. Klik Windows, klik Control Panel, klik uninstall program, lalu pilih program yang tidak terpakai untuk di uninstall.

4. Terlalu banyak startup programs dan service yang berjalan
Hal ini berkaitan dengan point no 3, semakin banyak program yang terinstall, maka program dan service yang akan dijalankan ketika windows startup juga semakin banyak .

Untuk menonaktifkan startup program dan service yang berjalan otomatis tersebut, masuklah ke "System Configuration Utility" dengan cara ketik: msconfig pada menu run, kemudian pada tab service dan startup lakukan uncheck terhadap aplikasi-aplikasi yang tidak diperlukan.

5. Terlalu banyak program yang berfungsi sebagai "security program"
Security program seperti program antivirus dan firewall merupakan aplikasi tambahan yang harus ada pada komputer, tetapi janganlah terlalu berlebihan misalnya dengan menginstall 2-3 program antivirus sekaligus.

Untuk masalah security windows, yang terpenting adalah lakukan update, aktifkan firewall dan gunakan antivirus yang tidak membebani komputer. Selain itu berhati-hatilah ketika menggunakan USB Flashdisk / Memory Card.

6. Spesifikasi komputer lebih rendah dari spesifikasi yang dibutuhkan oleh aplikasi
Jika komputer anda sudah bisa bekerja mulus tetapi pada saat bermain game komputer anda terasa sangat berat danlambat, itu berarti game yang anda jalankan membutuhkan spesifikasi yang lebih tinggi lagi. Usahakan untuk melihat 'system requirement' game tersebut agar anda bisa membandingkannya dengan kemampuan komputer anda.

7. Kerusakan pada komponen komputer
Komputer anda bisa melambat kinerjanya jika terjadi kerusakan pada komponen komputer, contohnya pada hardisk. Hardisk adalah komponen yang paling peka. Contohnya adalah hardisk bad sector. Komputer sobat akan berjalan sangat lambat sekali jika terjadi kerusakan seperti ini. Solusinya adalah mengganti dengan hardisk baru. Atau dengan cara :
- upgrade kapasitas hardisk dengan menambah atau ganti hardisk
- lakukan defragmenter pada hardisk secara berkala
- hindarkan hardisk dari debu, goncangan dan panas berlebih.
- perbaiki kerusakan pada hardisk dengan tool checkdisk.

8. Karena terinfeksi Virus
Apabila komputer kita sudah terlebih dahulu terinfeksi virus atau malware, maka sebaiknya jalankan Windows Safe Mode, matikan fasilitas system restore dan gunakanlah program Virus Cleaner seperti misalnya Avira,Smadav, AVG, dll  untuk membersihkan virus atau malware tersebut dan lakukan pula update pada antivirus tersebut secara berkala.

9. Spesifikasi komputer sudah terlalu jadul 
Ini adalah kasus yang paling umum. Spesifikasi komputer yang anda gunakan perlu diupgrade agar komputer bisa berjalan lancar. Usahakan komputer anda sudah menggunakan processor dual core dan ram minimal sebesar 2GB.

10. hardware overheat
Hardware overheat baik itu terjadi pada hardisk, vga card, processor atau cpu secara umum bisa menyebabkan menurunnya kinerja komputer yang pada akhirnya komputer menjadi hang, lambat atau bahkan  sering restart. Untuk itu pastikan sirkulasi udara pada bagian dalam CPU berjalan dengan baik begitu juga pada fan (kipas angin) harus bersih dari debu dan dapat berputar dengan lancar.

Huft, demikian sudah tips tentang cara mempercepat kinerja komputer/laptop yang lemot. Semoga artikel ini dapat bermanfaat untuk membuat kinerja komputer atau laptop sobat menjadi lebih lancar dan cepat. akhir kata saya ucapkan banyak terima kasih karena sobat sudah sudi untuk berkunjung. Stay Visit www.ulamakomputer.com  untuk dapat update artikel menarik seputar dunia komputer lainnya. Thx ^_^



4 komentar:

  1. mantap gan... ane mau praktekan dulu :C

    ReplyDelete
    Replies
    1. monggoh dicoba gan... semoga bermanfaat.... :a

      Delete
  2. Saya tambahin gan, umur hardware juga mempengaruhi "kecepatan" PC kita. Semakin tua umur hardware maka kinerjanya akan semakin menurun layaknya manusia. :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. oia bener gan... sebaik apapun kita merawat Hardisk, tapi Semakin tua umur hardware maka kinerjanya akan semakin menurun.. jadi minimal kita rawat baik" agar umur hardisk agak lebih lama yah.... makasih tambahannya gan.. :D

      Delete

Sebelum berkomentar harap perhatikan beberapa peraturan berikut :
- Berkomentar lah sesuai dengan artikel di atas.
- Berkomentarlah dengan baik dan sopan.
- Link hidup akan terhapus secara otomatis.
- jangan lupa tombol G+ sama Follow Ulama Komputer untuk dapat update artikel-artikel menarik berikutnya..

Ulama Komputer© 2014. All Rights Reserved. Template By Seocips.com
SEOCIPS Areasatu Adasenze Tempate Tipeex.com